Persiapan Menghadapi PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs
Menjelang pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Sumatif Tengah Semester (STS), siswa kelas 7 SMP/MTs sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi evaluasi hasil belajar. Salah satu mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, yang menjadi bagian penting dalam pembentukan kemampuan literasi dan berpikir kritis siswa. PTS atau STS merupakan momen evaluasi tengah semester yang dirancang untuk mengukur sejauh mana siswa memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester.
Hasil dari PTS ini akan menjadi salah satu indikator pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7, soal-soal PTS yang diberikan umumnya mencakup Bab I: Jelajah Nusantara dan Bab II: Berkelana di Dunia Imajinasi. Kedua bab ini membekali siswa dengan kemampuan memahami teks deskriptif, naratif, hingga teks fiksi dan imajinatif yang dikaitkan dengan konteks budaya dan kehidupan sehari-hari.
Dengan berlatih soal PTS Bahasa Indonesia, siswa akan:
* Mengenali pola dan jenis soal yang kemungkinan besar muncul saat ujian,
* Mengasah kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis,
* Melatih kemampuan menyampaikan gagasan secara tertulis maupun lisan.
Orang tua atau wali murid diminta untuk tidak memberikan langsung kunci jawaban kepada siswa, melainkan sebagai alat bantu evaluatif dalam mendampingi anak belajar di rumah. Pastikan siswa telah mencoba menjawab soal secara mandiri sebelum mencocokkan jawabannya.
Berikut ini adalah 30 contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawabannya sebagai referensi belajar mandiri.
Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum Merdeka
Soal 1-3
Bacalah teks berikut:
Tari Gambyong
Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.
Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring, yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku) dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada jaman itu.
Pertanyaan:
1. Berdasarkan bacaan teks di atas, objek yang dideskripsikan adalah …
A. Koreografi tari Gambyong
B. gerak srisig
C. Tari Gambyong
D. gerak embat
Kunci Jawaban: C. Tari Gambyong
-
Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan teks deskripsi di atas adalah
A. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada gerak kaki
B. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada tubuh.
C. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada lengan dan kepala.
D. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada jari tangan.
Kunci Jawaban: B. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada tubuh. -
Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks deskripsi tersebut adalah …
A. Kengser adalah dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil
B. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri
C. Tari Gambyong adalah tarian untuk mengawali suatu resepsi perkawinan
D. Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu
Kunci Jawaban: A. Kengser adalah dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil
Soal 4-10
4. Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi di atas adalah
A. 1 — 3— 2
B. 3 — 1 — 2
C. 2 — 3 — 1
D. 3 — 2 — 1
Kunci Jawaban: D. 3 — 2 — 1
-
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Air laut di Pantai Ora sangat jernih dan bening.
Matahari terbit pagi hari sangat memukau.
Pohon kelapa melambai-lambai seolah menyambut kedatangan kami.
Pasir putihnya sangat lembut di kaki.
Dari kalimat di atas, yang merupakan contoh majas personifikasi adalah…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Kunci Jawaban: D. 3 dan 4 -
Perhatikan dua teks deskripsi berikut:
Teks 1: Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta, memiliki udara yang sangat sejuk. Deretan pohon pinus menjulang tinggi, membuat suasana di sana sangat teduh. Cahaya matahari yang masuk ke sela-sela daun menciptakan pemandangan yang indah.
Teks 2: Pantai Kuta memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cocok untuk berselancar. Saat sore hari, pemandangan matahari terbenamnya sangat cantik, dengan langit yang berubah warna menjadi jingga dan ungu.
Berdasarkan kedua teks di atas, simpulan yang dapat diambil adalah…
A. Kedua tempat tersebut cocok untuk berselancar.
B. Kedua tempat tersebut menawarkan pemandangan alam yang indah.
C. Teks 1 lebih cocok untuk rekreasi air, sedangkan Teks 2 lebih cocok untuk rekreasi darat.
D. Teks 2 menjelaskan tentang matahari terbit, sedangkan Teks 1 menjelaskan matahari terbenam.
Kunci Jawaban: B. Kedua tempat tersebut menawarkan pemandangan alam yang indah. -
Seorang guru meminta Dita untuk menuliskan teks deskripsi tentang pensil barunya. Kalimat yang menunjukkan Dita menggunakan kata konkret adalah…
A. Pensilku sangat bagus.
B. Pensilku memiliki warna yang menarik.
C. Pensilku berwarna merah dengan panjang 15 cm.
D. Pensilku terasa sangat spesial.
Kunci Jawaban: C. Pensilku berwarna merah dengan panjang 15 cm. -
Dalam sebuah pamflet wisata, gambar yang disajikan berperan untuk…
A. menjelaskan detail rute perjalanan secara lengkap.
B. menarik perhatian dan memberikan gambaran visual tentang tempat wisata.
C. menjelaskan sejarah tempat wisata secara singkat.
D. menggantikan semua teks yang ada di dalam pamflet.
Kunci Jawaban: B. menarik perhatian dan memberikan gambaran visual tentang tempat wisata. -
Manfaat utama dari teks deskripsi dalam komunikasi sehari-hari adalah…
A. memberikan perintah atau ajakan untuk melakukan sesuatu.
B. menjelaskan sebuah acara secara rinci dari awal hingga akhir.
C. menyampaikan informasi tentang sesuatu dengan objektif.
D. membuat pembaca seolah-olah melihat, merasakan, atau mengalami sesuatu secara langsung.
Kunci Jawaban: D. membuat pembaca seolah-olah melihat, merasakan, atau mengalami sesuatu secara langsung. -
Perhatikan dua pamflet wisata di bawah ini!
Pamflet A: Menyajikan gambar pemandangan pantai yang luas, dengan langit cerah dan ombak yang tenang.
Pamflet B: Menyajikan gambar sekelompok orang sedang melakukan aktivitas menantang seperti arung jeram di sungai.
Jika kamu adalah seorang guru yang akan membawa murid-muridnya yang masih kecil untuk berlibur, pamflet manakah yang lebih sesuai kamu pilih untuk tujuan wisata yang aman dan menyenangkan?
A. Pamflet A, karena gambarnya menunjukkan suasana yang lebih tenang dan aman.
B. Pamflet B, karena arung jeram adalah aktivitas yang sangat menyenangkan.
C. Kedua pamflet tersebut cocok karena sama-sama tempat wisata.
D. Pamflet B, karena menunjukkan aktivitas yang menantang dan memacu adrenalin.
Kunci Jawaban: A. Pamflet A, karena gambarnya menunjukkan suasana yang lebih tenang dan aman.